Mulai 'Bergerak' Lagi

November 07, 2016


Dua minggu belakangan ini aku mulai 'memaksa' diri untuk exercise lagi. Tujuan jangka pendeknya sih karena insya Allah dalam waktu dekat bakal ada acara yang mengharuskan aku pakai gaun dan pastinya wujudku bakal kelihatan jelek banget kalau gendut. Goal jangka panjangnya sih jelas, biar tetap dan tambah sehat.

Sebenarnya aku bukan tipe pengejar berat badan ideal (meski selalu merasa iri terhadap mereka yang bisa makan porsi kuli tapi ukuran baju tetep S), tapi namanya juga cewek. Pernah ada niat mencoba diet tanpa garam yang bisa turun 6 kg dalam 2 minggu, yang begitu aku utarakan, ditentang keras oleh Mas Radif. "Apa-apa yang instan itu nggak bagus tau!" gitu katanya waktu itu. Aku pikir bener juga sih, ngapain diet kalau akhirnya malah bikin stress? Cara lain biar badan seimbang masih banyak 😁

Jadi setiap pagi manusia koala ini memaksakan diri untuk jogging muterin kompleks. Karena udah lama banget nggak olahraga, kalau langsung digeber setengah jam aja pasti njarem parah. Akhirnya aku ngulang ke level beginner. Pemanasan 2-3 menit, jogging 6-7 menit, pendinginan 1-2 menit. Biar nggak ngitung-ngitung udah berapa menit, aku pakai patokan lagu. Kalau satu lagu rata-rata durasinya 3-4 menit, jadi kira-kira pemanasan satu lagu, jogging 2 lagu, pendinginan setengah lagu. Simpel dan less stressful karena olahraganya nggak berasa lama 😏

Tapi yang namanya niat baik itu adaaaaa aja halangannya. Belum seminggu rutinitas itu berjalan, aku terpaksa nggak olahraga beberapa hari karena sejak pagi harus ngurus berbagai hal, wira-wiri jadi commuter dan perjalanan ke rumah sepupu di luar kota. Pagi nggak sempat, sorenya tepar duluan karena kecapekan. Rasanya eman-eman banget, karena badannya udah kerasa lebih enteng dan staminanya mulai bagus. Mau mulai lagi tapi kok galau gara-gara niat, tekad dan semangat turun berkat situasi, kondisi dan logistik yang memuaskan. Tapi untungnya kompleks perumahan tempat sepupuku tinggal luas dan jalannya bagus, maka aku manfaatkan saja si Mamachari (a.k.a 'sepeda nenek' yang ada keranjangnya) yang terparkir di garasi untuk muter-muter kompleks di pagi dan sore hari. Lumayan, nggak merasa begitu bersalah kalau pas lagi males jogging😉

Sementara sih, olahraganya baru segitu. Niatnya juga baru sebatas istiqomah menggerakkan badan, tapi diiringi doa biar timbunan lemak berkurang. Plus sekarang berusaha ganti-ganti karbo sebisa mungkin, nggak nasi putih melulu. Roti gandum sama kentang rebus masih jadi juara. Kuncinya sih bergerak dengan bahagia dan (tetap) makan dengan bahagia. Bismillah... Semangat! 😃


Credit for image: hdwallpaperup

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts