25 Songs, 25 Days: Day 04

October 17, 2017

Day 04: A song that calms you down


Aku menemukan lagu ini baru beberapa minggu lalu dan langsung jatuh cinta.
Sea - BTS.

Meski minim vokal, lebih banyak rap, lagu ini secara keseluruhan sederhana dan manis. Suara debur ombak yang menyapa telinga sebelum intro yang mendayu selalu membuatku merasa benar-benar berada di tepi laut (tahu kan kalau aku suka sekali dengan laut?). Rap Monster, sebagai rapper pembuka lagu ini, lebih slow menyuarakan part rap-nya. Lebih terkesan seperti membacakan sebuah puisi, tapi justru membawaku pada suasana angst yang bittersweet.




Bagian kesukaanku tentu saja refrain. Bagian ini adalah bagian yang menurutku paling indah. Nadanya lembut dan makna liriknya...

희망이 있는 곳엔 반드시 시련이 있네
Where there is hope, there is always hardship

V alias Kim Tae Hyung menutup lagu dengan suara rendahnya yang tebal, menyuarakan nada yang sama dengan refrain namun mengambil oktaf lebih rendah. Lirik di bagian ini adalah penerimaan untuk kesedihan. Seperti ketika kita berada di tepi laut, mendengarkan ombak dan memikirkan seluruh rasa sedih dan galau. Kita meresapinya sebentar saja, mengizinkan diri sendiri untuk bersedih sejenak lalu meninggalkan kesedihan itu bersama jejak kaki yang hilang disapu ombak. Penerimaan rasa sedih yang sebentar ini membuat kita tetap manusiawi, secara bersamaan mengosongkan emosi untuk menghadapi apa yang ada di depan selanjutnya.

Lagu ini membawa efek yang berbeda tergantung suasana hatiku saat mendengarkannya. Aku pernah mendengarkannya saat marah dan dengan cepat darahku yang mendidih jadi dingin. Aku pernah mendengarkannya ketika sedang sangat sedih dan langsung tersengguk tepat ketika refrain dinyanyikan, tapi habis itu jadi lega. Yang jelas ketika tubuh dan pikiran sedang lelah, lagu ini jadi pilihan untuk kudengarkan sampai aku ketiduran.

Bagiku lagu yang menenangkan nggak mesti lagu yang seluruhnya manis. Lagu yang angst pun bisa menenangkan karena sejatinya emosi dan perasaan yang harus ditenangkan.


*video taken from Youtube

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts